Roland Andika

Selasa, 22 November 2011

Global Warming

A.     Pengertian
Pengertian dari Pemanasan Global  atau Global Warming adalah adanya proses peningkatan suhu rata-rata pada atmosfer, laut, dan juga daratan bumi. Peningkatan suhu tersebut telah terjadi selama sertus tahun terakhir.

B.      Penyebab
Pemanasan Global disebabkan oleh beberapa hal, antara lain :
1.       Efek Rumah Kaca
Efek rumah kaca apabila gas-gas telah berlebihan di atmosfer dapat mengakibatkan pemanasan global.
2.       Efek Umpan Balik
Anasir penyebab pemanasan global juga dipengaruhi oleh proses umpan balik yang dihasilkannya, contohnya pada penguapan air.
3.       Variasi Matahari
Terdapat hipotesa yang menyatakan bahwa variasi dari matahari, dengan kemungkinan diperkuat oleh umpan balik dari awan, dapat memberi kontribusi dalam pemanasan saat ini.

C.      Dampak
Dampak dari pemanasan global antara lain berdampak terhadap cuaca, tinggi permukaan air laut, pantai, pertanian, kehidupan hewan liar, dan kesehatan manusia. Adanya pemanasan global berakibat lebih lanjut antara lain :
a.         Iklim mulai tidak stabil
Dimana temperatur pada musim dingin dan malam hari akan cenderung miningkat. Pola cuaca juga menjadi tidak terprediksi dan lebih ekstrim.
b.         Peningkatan permukaan laut
Pada saat atmosfer menghangat, lapisan permukaan lautan juga akan menghangat, sehingga volumenya akan membesar dan menaikkan tinggi permukaan laut.
c.          Suhu Global Cenderung Meningkat
Peningkatan suhu global akan mengakibatkan tanaman pangan dan hutan dapat mengalami serangan serangga dan penyakit yang lebih hebat.
d.         Gangguan Ekologis
Dalam pemanasan global, hewan cenderung untuk beremigrasi ke arah kutub atau ke atas pegunungan. Tumbuhan juga akan mengubah arah pertumbuhannya.
e.         Dampak Sosial dan Politik
Dampak ini berpengaruh pada :
Ø  Perubahan cuaca dan lautan berakibat munculnya penyakit-penyakit serta gagal panen yang berdampak pada kelaparan dan malnutrisi.
Ø  Pergeseran ekosistem, memberi dampak pada penyebaran penyakit melalui air maupun malalui vektor (vector-borne disease).

D.     Upaya Menggulangi
Pemanasan Global perlu ditanggulangi dengan cara :
*      Pemindahan populasi pantai ke daerah yang lebih tinggi.
*      Menanam dan memelihara pepohonan.
*      Penghutanan kembali.
*      Penyuntikan sumur-sumur minyak untuk mengisolasi gas.
*      Mengurangi gas-gas rumah kaca.
*      Pengurangan Emisi gas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kalau punya komentar, jangan disimpan dalam hati. Tuliskan disini ya!